Yuki no Shinen

December 3, 2008

The Exorcism of Anneliese Michel

Filed under: Corat-Coret — Yuki Shirohara @ 7:19 am

Beberapa hari yang lalu, gw nemuin sebuah video tentang kerasukan gitu di sebuah forum yang gw lupa apa namanya. Tapi karena gw lagi demam John Titor, gw jadi lupa buat ngepost tulisan ini…

 

Gini ceritanya,…

 

Secara gak sengaja, sambil nyari info-info soal mas John di sebuah forum, gw ngebaca sebuah judul obrolan di forum itu. Judulnya Anneliese Michel, The Exorcism. Gw tertarik banget ngeliat kata-kata “Exorcism”-nya, jadilah gw buka. Ternyata di dalemnya, tuh orang ngasih sebuah link dari Youtube. Isi postnya itu kira-kira gini; “Serem banget yah video ini, tambah gw liat, gw berasa tambah serem aja. Lu orang juga liat deh, jangan lupa nyalain speaker” gitu. Jadi, karena penasaran, gw bukalah link ini. Ternyata isinya tuh berupa slideshow foto-foto Anneliese dari masih kecil sampe dia meninggal, lengkap dengan suara cewe teriak-teriak seolah-olah tuh menderita banget.

 

Siapa Anneliese itu??? Gw belom cerita yah, hehe maap.

Jadi, Anneliese itu adalah seorang remaja cewe Jerman. Anneliese mengalami penglihatan yang mengerikan dan dianggap sebagai kerasukan setan. Selama pengusiran setan, Anneliese mengaku dirasuki setan yang katanya hinggap dalem diri Kain, Nero, Judas, Hitler dan Lucifer. Anneliese juga nulisin kisahnya, bahwa ia ketemu dan berbincang-bincang sama Bunda Maria dan Yesus. Anneliese juga sempet dapet pertolongan psikiater sebelum beralih memohon pertolongan Gereja Katolik dan ngejalanin pengusiran setan.

 

Banyak orang yang bilang dan ngeduga, kalo gara-gara ngejalanin pengusiran setan dan ngehentiin obat dari psikiater itulah kenapa Anneliese akhirnya sampe meninggal.

 

Setelah meninggalnya Anneliese ini, dua pastor yang mimpin upacara pengusiran setan, yaitu pastor Alt dan Renz dituduh bersalah kerena nyebabin kematian Anneliese. Jadi mereka di tahan selama 6 bulan. Bokapnya Anneliese juga terjerat hukuman yang sama.

 

Dari yang gw baca, sekarang ini makamnya Anneliese di jadiin tempat ziarah gak resmi. Selain memunculkan kontrofersi, kematian Anneliese juga memunculkan segelintir orang yang percaya kalo Anneliese meninggal karena menyerahkan dirinya sebagai korban kepada Tuhan. Mereka percaya kalo Anneliese mengalami kerasukan setan tapi jiwanya yang suci tetap diselamatkan. Begitu…

 

Sampe sekarang ini, Gereja Katolik mengakui kalo kerasukan setan merupakan peristiwa yang sangat nyata dan mungkin terjadi. Senjata ampuh untuk melawan godaan setan yang ganas cuma doa.

 

Kenyataannya, mayoritas orang berpendapat kalo Anneliese Michel, bener-bener ngalamin kerasukan setan. Kitab Hukum Kanonik Gereja Katolik no. 1172 artikel 1 juga ngakuin soal itu dengan ngasih catetan yang bunyinya: “tiada seorang pun dengan legitim melakukan eksorsisme terhadap orang yang kerasukan, kecuali jika telah memperoleh ijin khusus dari Ordinaris wilayah.” Dan emang pada tanggal 16 September 1975, Uskup Wurzburg, Jerman, Josef Stangl ngasih ijin untuk proses pengusiran setan Anneliese.

 

Tahun 1999 lalu, Kardinal Medina Estevez dalam jumpa persnya di Vatican City nunjukin versi baru tentang Rituale Romanun (Ritus Romawi) yang udah di pake sama Gereja Katolik sejak tahun 1614. Versi baru ritus itu diluncurin setelah lebih dari 10 tahun proses redaksional, yang kemudian disebut sebagai De Exorcismis et Supplicationibus Quibusdam, ato juga yang dikenal sebagai The Exorcism for The Upcoming Millennium (Pengusiran Setan untuk Menyambut Millenium Baru). Paus Yohanes Paulus II memaklumkan ritus eksorsisme baru, yang sekarang digunakan di seluruh dunia setelah 30 tahun kematian Anneliese Michel ini.

 

Gw cukup kaget juga waktu ngebaca cerita ini, karena selama ini gw sama sekali gak tau kalo ternyata agama katolik (yang adalah agama gw) ternyata juga mengenal pengusiran setan kayak gini. Emang sih gw tau kalo di salah satu injil ada yang nulisin kalo Tuhan Yesus mengusir setan yang ngerasukin badan seorang cewe yang kemudian segelintir orang mengklaimnya sebagai Maria Magdalena.

 

Ada yang ngerasa pernah ngeliat cerita film yang kayak gini??? Tebakan kalian bener! Emang ada sebuah film yang mengadaptasi kisah hidup Anneliese Michel ini, judulnya The Exorcism of Emily Rose. Gw juga udah nonton film ini sekian tahun yang lalu, sekarang ini sih udah gak terlalu inget gimana, cuma ceritanya lumayan bagus. Jadi yang pengen liat cerita ini dalem bentuk film dan ngedapetin bayangan yang lebih nyata dari kisah hidup Anneliese, silahkan beli The Exorcism of Emily Rose.

3 Comments »

  1. wew summpah bro serem abis tuh gua jg liat utube nya..mana gua lagi mau tidur lg

    Comment by herculezz — March 23, 2009 @ 4:02 pm

  2. Kenapa hanya agama Kristen Katolik yang secara resmi membakukan praktek pengusiran roh jahat?
    Apakah karena Yesus Kristus memang sungguh Allah yang berkuasa atas dunia, surga dan neraka?
    Dan apakah memang hanya Gereja Katolik Roma yang merupakan pewaris orisinil kuasa Yesus dan Para Rasul?
    Maaf, tapi saya cek di Wikipedia pengusiran roh jahat ini memang khas agama Kristen khususnya Katolik Roma.
    Tidak ada agama lain yang berani mengklaim mewarisi kuasa Yesus untuk mengusir roh jahat seperti agama Katolik.

    Comment by Jantan — March 27, 2009 @ 7:22 am

  3. Haizzz… Tychan.. ngebaca tulisan u, bikin g penasaran bgt. Tp, karena ngebaca tulisan u juga, membuat g jadi takut buat ngeliat video nya.. gmn donk? Tp, g penasaran.. ahahahaha…

    Comment by CipiL.. — October 21, 2009 @ 6:01 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

The Banana Smoothie Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

